Rabu, 17 Januari 2018

KEKALAHAN YANG MEMANG DIBUTUHKAN MANCHESTER CITY



Dikalahkan Liverpool memang terasa pahit, namun hal itu menjadi pelajaran berharga bagi The Citizens untuk mengetahui kelemahan lebih dalam.

"Tak ada gading yang tak retak."

Peribahasa tersebut adalah yang paling pas untuk menggambarkan situasi Manchester City saat ini. Ya, sesempurnanya sebuah tim sepakbola, pasti juga memiliki kelemahan.

Setelah melewati 22 pekan gelaran Liga Primer Inggris musim ini tanpa tersentuh kekalahan, akhirnya pada pekan lalu skuat The Citizens dibawa membumi oleh Liverpool yang berhasil menaklukkan mereka dengan skor 4-3 sekaligus menghadirkan aroma negatif untuk kali pertama.

Sebelum melakoni kunjungan ke Anfield, pasukan Pep Guardiola memang nyaris sempurna dan begitu perkasa. Total 20 kemenangan dan hanya dua hasil imbang mereka catatkan, hingga membuat City digadang-gadang bakal mampu juara dengan rekor tak terkalahkan semusim, alias invicibles.

Tapi kini City dibuat sadar, bahwa mengejar rekor invicibles yang pernah dibukukan Arsenal pada musim 2003/04 silam adalah target yang terlampau muluk. Bukan mustahil, namun dengan realitas rumitnya persaingan papan atas di Liga Primer musim ini, maka ambisi tersebut sangat sulit untuk diwujudkan.

Di dunia ini, tak ada sebuah tim yang ingin merasakan kekalahan dalam mengarungi kompetisi. Hanya saja, dalam kasus ini, City yang begitu superior sejauh ini memang butuh untuk merasakan kekalahan dan sudah jauh-jauh hari Guardiola mengantisipasi datangnya hasil buruk bagi timnya.

"Itu [rekor tak terkalahkan semusim] tak akan terjadi," ujar sang mantan manajer Barcelona dan Bayern Munich tersebut pada pertengahan Desember lalu. "Sekarang ini jelas berbeda dengan intensitas dan banyaknya pertandingan pada waktu itu. Sekarang, catatan kami pengecualian. Tidaklah normal melalui apa yang kami lalui."

"Kami sangat senang dan kami akan berusaha untuk mempertahankannya selama mungkin. Tapi semuanya, semua tim bisa kalah dan itu akan terjadi."
Ucapan Guardiola pada waktu itu mungkin terdengar aneh. Namun sang juru taktik asal Spanyol itu adalah sosok genius dan ia sadar betul bahwa jika timnya terus tak terkalahkan makan selalu dikaitkan dengan rekor invicibles Arsenal. Secara moral, hal tersebut akan berdampak pada tim yang bisa saja tak lepas saat bermain karena selalu dalam bayang-bayang pemecahan rekor.

Dari segi hasil akhir, kekalahan lawan Liverpool memang mengecewakan. Hanya saja momentumnya pas dan bisa menjadi bahan evaluasi City untuk ke depannya. Dan Liverpool juga merupakan tim yang tepat bagi City untuk mempelajari kelemahan mereka sendiri.

Sepanjang kampanye musim ini berjalan, praktis City cukup sulit untuk menemukan sisi lemah mereka. Itu terjadi lantaran kubu Manchester biru memang lebih sering bertemu lawan yang menerapkan skema bertahan total dan jarang melawan tim yang berani menyuguhkan permainan terbuka seperti yang diperagakan Liverpool.

Kemasukan tiga gol dalam sebuat pertandingan jelas menunjukkan titik lemah City, yang sebenarnya sudah ada sejak musim lalu. Dan beruntung bagi City, kekalahan dari Liverpool terjadi pada Januari ini, saat bursa transfer musim dingin masih dibuka.

Penambahan pemain bisa menjadi opsi paling masuk akal sembari menunggu matangnya proyek jangka panjang akademi mereka. Jika ada urgensi, maka mendatangkan bek sentral baru adalah sebuah keharusan dan lebih baik bagi mereka untuk meredakan fokus memburu Alexis Sanchez, yang kini lebih condong bergabung dengan rival sekota mereka, Manchester United.

Duet Nicolas Otamendi dan John Stones memang cukup solid dalam menggalang jantung pertahanan City sejauh ini yang baru kebobolan 17 gol, tapi keduanya menunjukkan belum begitu nyaman dengan skema Guardiola yang menerapkan posisi ball-playing defender. Ya, pemain belakang dengan kemampuan olah bola mumpuni memang jadi kebutuhan utama Guardiola.

Pilihannya pun semakin sempit, karena sejak musim panas lalu incaran Guardiola selalu meleset mulai dari Aymeric Laporte hingga Virgil van Dijk. Yang terkini muncul nama Inigo Martinez dari Real Sociedad, bukan opsi yang paling terbaik, namun setidaknya memang harus ditempuh guna terus menjaga peluang juara terus terbuka lebar.



Promo Bonus 100% Deposit New Member Sporstbook
Promo Full Rollingan 1% CASINO
Promo Cashback 5 - 10 % Sporstbook
Mari bergabung bersama kami di rajavip.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.rajavip@yahoo.com
Blackberry Messenger : 25A9E0D4 / DC2F9C02
Whatsapp : 087886284341
Line : rajavipbet
Livechat : Tersedia di website kami di www.rajavip.com
Via Hp : wap.rajavip.com

0 komentar :

Posting Komentar