Jumat, 13 November 2015

Fakta Guardiola Lebih Bagus di Bayern, Bukan di Barca



RAJAVIPJANGAN pernah sekalipun meremehkan potensi anak muda. Meski belum banyak pengalaman, anak-anak muda cerdas biasanya memiliki ide dan usaha yang lebih progresif. Josep Guardiola i Sala adalah salah satu contoh, bukan anak muda, melainkan pelatih tak berpengalaman tapi memiliki ide jenius dengan filosofi permainan yang lebih unggul dibanding para seniornya.

Pada 2008, Presiden Barcelona kala itu, Juan Laporta menunjuk Guardiola sebagai pengganti Frank Rijkaard yang sebelumnya sukses mengembalikan kejayaan Azulgrana saat membantu menjadi juara Liga Champions 2006.

Guardiola yang ketika itu baru berusia 37 tahun datang berbekal pengalaman hanya melatih Barcelona B selama setahun, tanpa pernah melatih klub profesional sekalipun. Awalnya, banyak pendukung klub menentang keras keputusan manajemen memilih Guardiola. Namun para penentang Guardiola sepertinya berbalik kagum setelah melihat prestasi Blaugrana selama empat musim ditangani pelatih kelahiran 18 Januari 1971 itu.

Selama empat musim melatih Barcelona, Pep - salah satu panggilannya -, terkenal selalu menggunakan formasi 4-3-3 dengan mengenalkan gaya bermain tiki-taka. Ide dasar tiki-taka ialah mengendalikan permainan tim dengan mengandalkan penguasaan bola yang dominan, terus menekan pertahanan lawan dari berbagai sisi, tidak memberikan lawan kesempatan menguasai bola dan garis pertahanan tinggi berupa barisan para bek berada jauh di depan kotak penalti. Dengan skema tersebut dibutuhkan skill yang tinggi dari para pemain, kecerdasan pemain di atas rata-rata dan jarak antarlini yang sangat dekat.

Hasilnya, Pep membantu Barca memenangkan 14 gelar juara domestik, Eropa dan internasional. Antara lain, tiga kali juara La Liga, dua kali juara Copa del Rey, tiga kali Super Copa de Espana, dua trofi Liga Champions, dua UEFA Super Cup dan dua Piala Dunia Antarklub. Guardiola menjalani 247 pertandingan, dengan meraih 179 kemenangan, 47 kali seri dan hanya 21 kali kalah selama melatih Barca. Jumlah kekalahan Barca yang hanya 21 kali bila dibagi empat musim, maka skuad super Guardiola hanya kehilangan poin bermain sebanyak rata-rata 5,25 kali setiap tahunnya.

Tak hanya jumlah kemenangan yang signifikan, Guardiola bisa menciptakan Barca menjadi “mesin penghancur” yang mampu membuat 638 gol dan hanya 181 kemasukan gol selama empat musim.

Episode Guardiola di Bayern

Pep Guardiola lalu memutuskan untuk menangani klub raksasa Jerman, Bayern Munich pada Juni 2013. Sejak itu, Pep sudah mempersembahkan lima gelar, yakni dua gelar juara Bundesliga, satu Piala Jerman, satu UEFA Super Cup, dan satu Piala Dunia Antarklub selama periode singkatnya melatih Bayern. Selama ini Pep telah memimpin Bayern di 127 pertandingan, dengan 98 kali meraih kemenangan, 11 kali seri dan hanya 18 kali kalah. Dengan total 344 gol tercipta dan 104 kali kebobolan memasuki musim ketiganya di Allianz Arena.

Dari hasil perbandingan data di atas, Pep memiliki statistik lebih baik saat melatih Bayern karena mempunyai total poin - yang diraih dari seluruh angka kemenangan dan imbang- sebesar 305 dari 127 pertandingan, atau rata-ratanya 2,40 per game. Bandingkan saat menangani Barcelona yang meraih total poin sebesar 586 atau rata-ratanya 2,36 per laga, hasil rangkuman Okezone dari Transfermarkt, Kamis (12/11/2015).

Pep hanya kalah beberapa jenis trofi yang belum dimenangkannya bersama Bayern. Ia sampai saat ini belum pernah memenangkan Liga Champions dan Piala Super Jerman bersama Die Roten. Jika Pep masih akan bertahan beberapa musim lagi di Allianz Arena, dua trofi itu tinggal menunggu waktu saja untuk dimenangkan.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bonus Referal 1% (Menang atau Kalah Tetap Dapat) Seumur Hidup
Promo Bonus 100% Deposit New Member Sporstbook
Promo Full Rollingan 0.7% CASINO
Promo Cashback 5 - 10 % Sporstbook
Mari bergabung bersama kami di rajavip.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.rajavip@yahoo.com
Blackberry Messenger : 25A9E0D4
Livechat : Tersedia di website kami di www.rajavip.com
Via Hp : wap.rajavip.com
Proses Depo/WD Cepat, Aman, dan Terpecaya !



0 komentar :

Posting Komentar